Ketika ada karyawan terbaik di perusahaan ini selalu dipecat oleh sang bos, namun setelah tahu alasan nya semua orang bertepuk tangan

ADSENSE Link Ads 200 x 90
ADSENSE 336 x 280


Di perusahaan salah satu teman saya, karyawan terbaik dengan posisi mendekati puncak, akan mendapatkan apresiasi aneh: dipecat.

Ini agak unik di Indonesia. Semalam ketika teman saya mampir ke Angkringan Mojok, menceritakan filosofi atas apresiasi aneh itu. "Saya ini, ya ingin berkontribusi pada bangsa dan masyarakat. Orang-orang yang teruji pintar di perusahaan saya, Insyaallah sebetulnya mereka bisa mendirikan perusahaan anyar dan membuka lapangan kerja. Hanya saja kadang mereka tidak punya keberanian. Maka hal itu dijadikan semacam kultur dalam perusahaan saya."

Minggu ini, dia memecat 4 karyawan terbaiknya. Selain mendapatkan semua hak mereka, para karyawan yang dipecat ini juga mendapatkan dua hal: Pertama, uang sebesar 100 juta rupiah untuk modal usaha. Kedua, pendampingan dan konsultasi bisnis gratis kepada teman saya itu.

Kini, belasan mantan karyawan terbaik di perusahaan tersebut sudah banyak yang sukses menjalankan usaha sendiri. "Sebaiknya pengusaha itu jangan berpikir egois. Kalau ada karyawan pintar, malah dikekep, dijaga, kalau perlu dibayar loyalitasnya, hanya untuk perusahaan dan kepentingannya sendiri. Kalau saya sih memposisikan sebagai tukang proses, ikut memproses orang dari karyawan biasa menjadi karyawan terbaik. Kalau sudah terbaik, saatnya mereka ikut berkontribusi kepada masyarakat luas."

Untuk memproses itu, salah satu yang dilakukan adalah para karyawan di perusahaannya harus mengisi apa yang disebut sebagai 'kuliah pagi'. Karyawan secara bergiliran, tidak peduli apapun jabatan dan level mereka, harus mengisi kuliah pagi. Sehingga mereka terpacu untuk belajar dan berbagi.

Salah satu ciri seorang karyawan bakal 'dipecat' adalah jika dia diajak makan malam berdua bersama teman saya itu. Dan menunya: Sega Sambel. Menu sederhana, dengan lauk telor dadar, tempe, sambal, dan terong goreng. Lalu teman saya akan menerangkan secara pribadi bagaimana menjalankan usaha dengan katakter seperti 4 menu itu, plus 5 dengan nasi.


Sumber : Facebook
ADSENSE 336 x 280 dan ADSENSE Link Ads 200 x 90

0 Response to "Ketika ada karyawan terbaik di perusahaan ini selalu dipecat oleh sang bos, namun setelah tahu alasan nya semua orang bertepuk tangan"

Posting Komentar